web tracker Tidur Siang Untuk Anak Itu Penting

Tidur Siang Untuk Anak Itu Penting

Tidur Siang Untuk Anak Itu Penting

Jaman modern saat ini, sering kita sebagai orang tua mengabaikan pentingnya tidur siang untuk anak. Anak malah memiliki banyak kegiatan disaat waktu

Manfaan Buah Pisang
Jarang Mandi, Ini Manfaatnya
Tips mengatasi sulit tidur

Jaman modern saat ini, sering kita sebagai orang tua mengabaikan pentingnya tidur siang untuk anak. Anak malah memiliki banyak kegiatan disaat waktu istirahatnya, nah hal ini yang ternyata tidak disadari orang tua. Kita berpikir di era modern ini, tidur siang adalah ajaran kuno, hanya nenek moyang dulu yang mengajarkan anak untuk tidur siang siapa sangka ternyata ajaran nenek moyang itu benar.

Pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh kerja hormon pertumbuhan, yang antara lain seperti menetukan tinggi anak, maupun untuk pembentukan organ. Hormon ini akan dilepaskan tubuh secara lebih optimal saat berolah raga dan beristirahat. Jadi, ketika anak memiliki banyak aktivitas harus diimbangi dengan istirahat yang cukup sehingga pertumbuhan dan perkembangannya akan berkembang relatif lebih baik. Menurut penelitian ilmu kedokteran, anak yang kurang aktivitas maupun kurang beristirahat kecenderungan akan cepat sakit atau pertumbuhan tubuhnya relatif lebih lambat.

Istirahat ternyata juga diperlukan untuk menjaga homeostatis, yaitu kondisi seimbang dalam tubuh manusia. Gangguan pada mekanisme homeostatis mengganggu sistem kekebalan tubuh. tubuh yang terus-menerus dipaksa untuk aktivitas tanpa sempat beristirahat untuk mengembalikan kebugarannya akan cepat lelah. Kelelahan ini adalah bentuk ketidakseimbangan tubuh. Jika tubuh tidak seimbang, maka akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh anak kita akan melemah, alhasil anak kita akan mudah terserang penyakit. Bukan hanya lelah dan mudah sakit, tapi anak juga akan merasa jenuh, malas, tertekan, dan dibebani oleh kegiatannya membuat anak stres.

Sebagai orang tua, anda juga perlu memperhatikan jika anak anda stres karena dapat memicu gangguan fisik. Terlalu banyak aktivitas membuat anak tertekan, sehingga dengan memberikan waktu istirahat untuk anak berperan juga untuk mengurangi stres. Jika anak anda menunjukkan gejala seperti murung, tidak bersemangat, sering melamun, gugup, mengeluh, dan menarik diri dari rutinitas hariannya, bisa jadi anak anda mengalami stres. Jangan biarkan anak anda stres, berikan waktu istirahat untuknya. Dengan tidur siang, akan memberikan waktu anak untuk rehat fisik dan juga relaksasi pikiran. Ketika tidur, mengistirahatkan pikiran, menormal kan detak jantung, dan mengatur pernafasan sehingga tubuh lebih segar setelah bangun tidur.

Idealnya tubuh anak memerlukan istirahat selama 8-10 jam sehari dan ini juga dipengaruhi oleh umur dan banyaknya aktivitasnya. Untuk memenuhi kebutuhan ini, anak dianjurkan untuk tidur siang kurang lebih 1-2 jam. Dengan tidur siang, tubuh akan terasa bugar kembali dan pengeluaran hormon pertumbuhannya akan meningkat. Mulai ajarkan anak untuk tidur siang, buatlah menjadi suatu kebiasaan. Tidur siang banyak manfaat untuk anak yang sedang masa pertumbuhan, jadi untuk para orang tua, luangkan waktu dari banyaknya aktivitas anak anda untuk tidur siang. Semoga artikel ini bermanfaat.

Conten by : DnK

COMMENTS

WORDPRESS: 0