web tracker Temukan Judul Skripsimu
Laporkan SitusLaporkan Penyalah Gunaan situs melalui Facebook

Temukan Judul Skripsimu

Female students studying in the library

Menjadi seorang mahasiswa, kita dituntut untuk membuat tugas akhir atau biasanya disebut skripsi. Hal ini akan terasa begitu sulit bahkan tak jarang membuat galau, ketika kita merasa belum menemukan ide dari penelitian yang akan kita ajukan sebagai judul skripsi. Galau akan menjadi frustasi ketika judul penelitian yang kita ajukan tidak diterima atau ditolak oleh dosen pembimbing, untuk sekali ditolak tidak apa-apa, coba lagi namun apa jadinya ketika ditolak berkali-kali? Kita akan mulai putus asa dan berfikir untuk menyerah. Sering kali itu yang terjadi pada mahasiswa tingkat akhir. Mereka cenderung untuk menunda dan akhirnya menyerah untukmmenyelesaikan studinya. Sangat disayangkan.

Artikel kali akan memberikan trik dan tips agar kamu dapat menemukan judul maupun ide penelitian skripsi mu. Menemukan ide penelitian yang menarik, inovatif dan sesuai dengan minat kamu bukanlah hal yang mudah. Kamu akan membutuhkan banyak waktu dan usaha keras untuk merumuskannya. Dan tidak mungkin akan menghabiskan banyak waktu, tenaga dan pikiranmu. Mulai lah untuk membayangkan penelitian yang akan kamu lakukan. lihatlah disekitarmu, banyak penelitian yang bisa kamu lakukan. setelah mendapatkan bayangan mengenai penelitian yang akan kamu lakukan, mulai lah berfikir bagaimana cara merealisasikan penelitian mu. Buktikan betapa menariknya dan inovatifnya ide penelitianmu, betapa jelasnya metodelogi penelitian dan rencana penelitian mu maka judul penelitianmu sudah ditangan.

Seawal mungkin, sebaiknya ketika sebelum semester akhir telah mencari dan menemukan topik penelitian kamu sendiri. Setidaknya ada empat hal yang dapat menjadi ciri topik penelitian yang baik, yakni:

1. Penelitian yang akan kamu ajukan harus Menarik
Tidak perlu risau mencari judul penelitian, lihatlah sekitar kita. Lihat isu yang sedang populer terjadi atau menjadi perhatian, baik di daerah mu, di indonesia maupun dunia internasional.

2. Jangan malu mengambil topik yang baru
Ide penelitian mu baru atau belum banyak penelitian yang meneliti topik mu, akan semakin bagus dan pasti akan semakin mudah diterima. Jangan minder dan takut dan minder dengan topik penelitian mu, jadikan tantangan tersendiri.

3. Carilah topik yang mudah direalisasikan
Akan lebih baik jika topik penelitian mu nantinya dapat menyelesaikan masalah secara langsung dan dapat dipraktikan dengan mudah dan nyata di lapangan.

4. Rencana penelitian kamu harus masuk akal
Kamu harus mempertimbangkan waktu, tenaga dan biaya. Rencana penelitian yang akan akan kamu lakukan perlu kamu perhitungkan batasan waktu pengerjaan, tenagamu, dan biaya yang ada.

Menemukan ide penelitianmu sama saja dengan menemukan pertanyaan penelitian. Pertanyaan menyangkut hal, objek atau fakta tertentu yang belum pernah diteliti, dibuat penelitian sebelumnya atau masih menjadi perdebatan. Semoga segera menemukan ide penelitian dan bermanfaat dalampenerapannya.

Comments

comments