web tracker Apa Itu Ransomware
Laporkan SitusLaporkan Penyalah Gunaan situs melalui Facebook

Apa Itu Ransomware

apa itu ransomware

adalah sebuah malware komputer yang mana akan minta tebusan berupa uang.. tentunya jika anda terkena malware ini.. Ransomware sangan mengganggu dan menjengkelkan, dikarena jenis malware ini tidak hanya merusak sistem komputer, tapi seluruh isi disk dan partisinya akan di terinfeksi baik itu data bertipe .exe .jpg .mp3 .doc DLL. bisa percuma jika anda hanya install ulang sistem operasi komputer anda. yang saya ketahui virus ini menginveksi dengan metode Single Platform seperti Windows. tapi pada artiket lain yang saya baca sudah menggunakan metode Cross Platform seperti Ransom32, Shark dan Zimbra yang mampu menginfeksi Windows, Mac OS dan Linux sekaligus.

Secara garis besar ransomware terdiri dari dua tipe

1. Locker Ransomware (Non Enkripsi)

dirancang untuk menolak akses ke sumber daya komputasi, biasanya dengan mengunci layar komputer dan kemudian meminta pengguna untuk membayar biaya untuk mengembalikan akses.

2. Crypto Ransomware (Enkripsi)

ransomware jenis ini dirancang untuk mencari dan mengenkripsi data-data penting yang tersimpan di komputer, membuat data tidak dapat dibuka atau digunakan kecuali pengguna memperoleh kunci dekripsi. Ransomware jenis ini paling sering digunakan oleh penjahat cyber.

yups sangat mengganggu komputer anda dan efeknya keamanan data di komputer Anda akan terancam… ngerii ya itulah genetik komputer..

Cara Kerja ransomware

1. Sistem Server

Pengembang malware menciptakan ransomware yang hanya menyerang sistem server, tujuan tentu saja menguasai jaringan komputer, sehingga sasaran yang didapat bisa dalam jumlah besar.

2. Situs E-Commerce

Beberapa waktu lalu sempat muncul ransomware yang mengincar Situs-situs E-Commerce, maraknya situs-situs belanja online di dunia menjadi alasan di balik hadirnya ransomware ini.

3. Android

Dengan semakin meningkatnya pengguna smartphone di seluruh dunia, tren penyimpanan data pun mengalami pergeseran, mereka yang biasa menyimpan data di dalam komputer ataupun removable media, sekarang beralih menyimpan data-data penting mereka ke dalam ponsel. Pergeseran tren ini menjadi penyebab munculnya ransomware android.

4. RaaS

Raas atau Ransomware as a Service, adalah metode penyerangan ransomware paling berbahaya diantara yang lainnya. Pengembang malware menjadikan ransomware sebagai franchise yang bisa digunakan oleh siapa saja, dirancang untuk mudah digunakan bahkan oleh newbie sekalipun, dengan sistem bagi hasil sangat menguntungkan bagi mereka yang mau mengoperasikan.

jangan khawatir ada 13 Negara di antaranya Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Kolombia, Prancis, Hungaria, Irlandia, Italia, Latvia, Lithuania, Portugal, Spanyol, Swiss dan Inggris. peluncuran proyek No More Ransom, Proyek tersebut berkomitmen untuk melawan ransomware. diharapkan akan semakin banyak lembaga penegak hukum dan organisasi di sektor swasta yang ikut bergabung dalam program ini dalam beberapa bulan mendatang.

No More Ransom diluncurkan pada 25 Juli 2016, oleh Dutch National Police, Europol, Intel Security dan Kaspersky Lab. Program ini memperkenalkan bentuk kerjasama baru antara penegak hukum dan sektor swasta untuk melawan ransomware secara bersama-sama.

Tujuan dari portal online nomoreransom.org adalah menyediakan sumber daya yang bermanfaat bagi korban ransomware. Pengguna dapat menemukan informasi tentang apa itu ransomware, cara kerjanya dan, yang paling penting, bagaimana melindungi diri mereka sendiri.

Berikut Ulasan sedikit tentang apa itu Walware yang berbahaya ini
saya kutip dari Facebook.com dan detik.com serta sumber lainnya.

Comments

comments